Peraturan & Ketentuan

Semua peserta diwajibkan untuk membaca dan memahami peraturan dan ketentuan (“Peraturan & Ketentuan“) sebelum mendaftar untuk Oil Palm Marathon 2023. Harap dicatat bahwa para peserta merupakan mereka yang menerima email resmi Oil Palm Marathon yang mengkonfirmasi masuknya mereka sebagai peserta Oil Palm Marathon 2023 (“Peserta”).

UMUM
  1. Dengan mendaftar pada lomba Oil Palm Marathon 2023 (“Lomba”), berarti Peserta telah menerima sepenuhnya dan wajib memenuhi seluruh Peraturan & Ketentuan.
  2. Kategori lomba pada lomba tahun ini adalah 42,195K (“Marathon”), 21,0975K (“Half Marathon”), 10K dan 5K.
  3. Warga negara Indonesia dan asing dapat mendaftar untuk lomba.
  4. Peserta warga negara Indonesia dapat menjadi pemenang dalam podium keseluruhan (“Overall Podiums”) pada kategori Marathon, Half Marathon. yang terbagi menjadi kelas pria dan wanita. Podium Indonesia (“Indonesian Podiums”) hanya untuk warga negara Indonesia yang mengambil kategori Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K yang terbagi menjadi kelas pria dan wanita.
  5. Syarat usia minimum untuk kategori Marathon adalah delapan belas (18) tahun, untuk Half Marathon adalah enam belas (16) tahun, dan 10K adalah empat belas (14) tahun dan 5K adalah duabelas tahun (12). Peserta wajib memenuhi syarat usia minimum pada hari lomba (25 November 2023).
  6. Peserta yang berusia di bawah dan sampai dengan delapan belas (18) tahun pada hari lomba diwajibkan untuk memberikan surat persetujuan orang tua.
  7. Marshaling akan dilakukan selama lomba untuk memastikan Peraturan & Ketentuan dipenuhi.
  8. Peserta disarankan untuk meminta saran medis dari dokter terkait kondisi kesehatan mereka sebelum ikut lomba. Peserta mengakui dan menerima bahwa keikutsertaan mereka dalam lomba ini membawa potensi risiko dan bahaya, termasuk tetapi tidak terbatas pada kecelakaan, cedera fisik, masalah kesehatan, kelumpuhan, kematian, kerusakan pada properti dan/atau kerugian lainnya, dan risiko lain yang tidak diketahui sebelumnya dan yang saat ini tidak dapat diprediksi secara wajar (“Risiko dan Bahaya“). Risiko dan Bahaya dapat terjadi karena tindakan atau kelalaian Peserta atau tindakan atau kelalaian orang lain, dan/atau kondisi fasilitas dan/atau peralatan dan kondisi alam dan/atau cuaca dan/atau kondisi Force Majeure (sebagaimana didefinisikan di bawah ini).
  9. Penyelenggara perlombaan (“Penyelenggara Lomba”) tidak akan bertanggung jawab atas segala bahaya atau kerugian yang disebabkan oleh hal-hal berikut, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    • Terjadinya Risiko dan Bahaya;
    • Kedatangan terlambat ke lomba;
    • Force Majeure (sebagaimana didefinisikan di bawah ini).
  10. Penyelenggara Lomba sangat mendorong wanita yang sedang hamil untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berpartisipasi dalam Lomba. Penyelenggara Lomba tidak bertanggung jawab atas komplikasi atau masalah kesehatan dan/atau setiap Risiko dan Bahaya lainnya yang dapat timbul dari keikutsertaan dalam Lomba selama kehamilan.
  11. Pendaftaran Lomba adalah final dan tidak dapat dipindahkan tangankan. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan. Penyelenggara Lomba berhak untuk menolak pendaftaran yang telah mendapatkan konfirmasi jika terdapat informasi yang tidak benar, palsu atau tidak lengkap dalam formulir pendaftaran.
  12. Jika acara dibatalkan atau ditunda karena Force Majeure, tidak akan ada pengembalian uang dari biaya pendaftaran yang telah dibayarkan dan Penyelenggara Lomba tidak akan bertanggung jawab atas segala Risiko dan Bahaya yang terjadi. Harap dicatat bahwa Force Majeure merupakan keadaan atau kondisi seperti perang (apakah dinyatakan atau tidak), kekerasan, kerusuhan sosial, pemogokan, wabah, kecelakaan, kebakaran, banjir, bencana alam, embargo, alasan hukum, atau tindakan pemerintah Republik Indonesia, dan kondisi/keadaan serupa lainnya yang dapat terjadi di luar kemampuan Penyelenggara Lomba untuk mencegahnya.
Partisipasi
  1. Peserta harus mampu menyelesaikan jarak yang harus ditempuh, mulai dari garis start sampai dengan garis finish dalam waktu yang disyaratkan oleh Penyelenggara Lomba (Cut Off Time dan Cut Off Point). Mohon diperhatikan bahwa penghitungan jarak dan catatan waktu merupakan kewenangan dari Penyelenggara Lomba.
  2. Pengajuan pendaftaran melalui pendaftaran online melalui situs web resmi Oil Palm Marathon (dan tautan khusus dari Penyelenggara Lomba untuk Program Mitra Agen Perjalanan dan program lainnya) dianggap sebagai pengakuan dan penerimaan atas Peraturan & Ketentuan.
  3. E-mail konfirmasi pembayaran bersama dengan nomor identitas pendaftaran akan dikirimkan setelah sistem kami berhasil menerima dan memverifikasi pembayaran Peserta.
  4. Penyelenggara Lomba memiliki hak untuk menutup pendaftaran sebelum batas akhir waktu pendaftaran dan/atau dalam hal kuota Lomba telah terpenuhi.
  5. Peserta setuju untuk memberikan informasi yang benar, akurat, terkini dan lengkap tentang Peserta yang terdapat dalam formulir pendaftaran. Peserta bertanggung jawab atas setiap informasi yang diberikan. Penyelenggara Lomba dapat menghubungi Peserta dari waktu ke waktu melalui email. Setiap pemberitahuan yang dikirim oleh Penyelenggara Lomba ke alamat email yang terdaftar pada Penyelenggara Lomba akan dianggap telah diterima oleh Peserta.
  6. Terdapat perbedaan batas waktu (Cut Off Time) dan syarat usia minimum untuk setiap kategori Lomba.
  7. Nomor Bib merupakan identifikasi personal yang khusus atas Peserta dan tidak boleh ditukar dan/atau dipindahkan. Penjualan dan/atau pemindahan entri Lomba/nomor bib di luar Periode Pemindahan Bib Oil Palm Marathon merupakan hal yang dilarang dan pelanggarannya mengakibatkan diskualifikasi dan/atau pelarangan individu yang terlibat dalam acara di masa mendatang.
  8. BIB dapat diambil pada:
    Kamis, 17 November dan Jumat, 18 November pukul 10.00-18.00 WIB.
  9. Nomor bib akan diberikan setelah penyerahan konfirmasi pendaftaran lomba dan kartu identitas. Nomor bib harus terlihat jelas selama lomba. Penyelenggara Lomba memiliki wewenang untuk tidak memberikan nomor bib dan race pack dalam kondisi tertentu seperti pelanggaran terhadap Peraturan & Ketentuan, indikasi pemalsuan dan kondisi serupa lainnya.
  10. Race pack tidak dapat dikirimkan dan tidak dapat diambil pada hari lomba.
  11. Jika Peserta diketahui telah terdaftar untuk dua kategori berbeda dengan nama yang sama, Penyelenggara Lomba berhak untuk menahan semua nomor bib dan race pack, serta mendiskualifikasi Peserta dari lomba.
  12. Nomor bib dan race pack hanya dapat diambil oleh perwakilan dari Peserta (“Race Pack Collector”) dengan cara mengajukan permintaan secara online melalui situs web resmi Oil Palm Marathon. Informasi mengenai hal tersebut akan tersedia segera.
  13. Peserta hanya dapat diizinkan untuk start dengan mengacu pada waktu start sesuai dengan kategori jarak dan maksimum batas waktu untuk start adalah 15 menit setelah gun start.
  14. Peserta yang melakukan perilaku tidak sportif yang termasuk tetapi tidak terbatas pada pemblokiran, menghalangi Peserta lain dan/atau sepanjang run course akan didiskualifikasi secara otomatis dari perlombaan.
  15. Pos minuman tersedia di sepanjang run course tiap 2,5k-3k tergantung kondisi dan di garis finish. Pos buah-buahan tersedia di garis finish.
  16. KENDARAAN, SEPEDA, IN-LINE SKATES, SKATEBOARD, BABY JOGGERS, KURSI RODA, KERETA BAYI (DARI DESKRIPSI APA PUN) YANG BERSIFAT TIDAK RESMI DAN BARANG LAIN YANG BERSIFAT BISA MENGGANGGU LOMBA, TIDAK DIIZINKAN BERADA SELAMA RUN COURSE.
  17. Binatang apa pun dengan atau tanpa tali TIDAK diizinkan berada selama run course.
  18. Peserta tidak boleh mengenakan pakaian atau mengenakan perlengkapan yang dapat menyebabkan bahaya, menyakitkan atau membahayakan diri mereka sendiri atau Peserta lainnya. Peserta tidak boleh berlari dengan bagian wajah tertutup.
  19. Peserta tidak boleh berpakaian secara tidak pantas untuk acara olahraga atau pakaian yang tidak pantas bagi Peserta atau penonton lainnya.
  20. Peserta tidak boleh mengenakan pakaian untuk tujuan pernyataan atau propaganda politik atau agama, serta iklan.
  21. Peserta tidak boleh menggunakan atribut apa pun yang dapat menyebabkan Peserta lain salah menganggap atribut tersebut sebagai sinyal dan membingungkan Penyelenggara Lomba, atau menggunakan perangkat apa pun dengan volume suara yang dapat mengganggu Peserta lain.
  22. Peserta tidak boleh tampil melakukan perbuatan yang menyebabkan keterlambatan, seperti menari, tampil, memainkan instrumen, berdiri di dekat garis start atau finish, atau di jalan-jalan sepanjang run course.
  23. Penyelenggara Lomba tidak mengijinkan dan tidak bertanggung jawab atas berbagai bentuk penggalangan dana ataupun aktifitas lainnya yang tidak berkaitan dengan acara lomba ini oleh Peserta dalam acara Oil Palm Marathon.
  24. Peserta tidak boleh mencegah pejalan kaki untuk menyeberang atau menghalangi jalannya kendaraan darurat di titik-titik tertentu, kapan dan di mana mereka diizinkan melakukannya.
  25. Waktu lomba akan ditampilkan di garis start dan finish. Peserta harus memenuhi Cut Off Time sebagai berikut: tujuh (7) jam untuk Marathon, tiga setengah (3,5) jam untuk Half Marathon, dua (2) jam untuk 10K dan satu setegah (1,5) jam untuk 5K.
  26. Peserta yang tidak memenuhi Cut Off Time serta Peserta yang didiskualifikasi dinyatakan sebagai Peserta yang tidak menyelesaikan Lomba dan tidak berhak untuk mendapatkan medali finisher dan finisher tee.
  27. Peserta tidak boleh menghalangi/mengganggu jalannya Lomba dengan tidak mematuhi instruksi dari petugas Lomba.
  28. Penyelenggara Lomba berhak untuk menghentikan Peserta untuk melanjutkan Lomba jika Peserta berperilaku secara tidak pantas dalam Lomba dan Peserta tersebut didiskualifikasi dari Lomba.
  29. Panitia Lomba melarang peserta membawa barang-barang atau benda-benada yang berpotensi menghambat kelancaran atau keselamatan Peserta lain atau dapat menyebabkan bahaya atau risiko bahaya bagi diri mereka sendiri atau Peserta lainnya.
  30. Keamanan jalan diatur dan dikendalikan oleh Dinas perhubungan dan Kepolisian terkait. Layanan medis disediakan oleh Penyelenggara Lomba bekerja sama dengan rumah sakit dengan tenaga medis lokal. Tenaga medis diizinkan untuk menghentikan Peserta yang mereka lihat secara medis tidak dapat melanjutkan lomba.
  31. Pencatatan waktu disiapkan untuk setiap kategori. Semua Peserta akan diberikan nomor bib dengan chip waktu untuk dikenakan selama lomba. Check points akan ditempatkan di garis start/finish, dan pada titik waktu yang ditentukan untuk memastikan semua Peserta mengikuti race course yang resmi. Peserta yang gagal mengikuti race course yang resmi akan didiskualifikasi dari perlombaan.
  32. Peserta yang memenangkan perlombaan (“Pemenang“) harus mengenakan timing chip dan nomor bib. Pemenang harus memberikan bukti identifikasi untuk mendapatkan hadiah.
  33. Pemenang yang tidak dapat memberikan bukti identifikasi yang valid dapat didiskualifikasi dan tidak mendapatkan hadiah.
  34. Peserta secara tegas dan eksklusif memberikan Penyelenggara Lomba dan penerima pengalihannya, hak yang tidak dapat dibatalkan untuk menggunakan nama, kesukaan, biografi, bersifat faktual atau lainnya sehubungan dengan produksi, distribusi dan publikasi gambar, foto, dan hak kekayaan intelektual lainnya yang terkait dengan acara lari, di seluruh dunia, di setiap dan semua perangkat, media atau publikasi.
  35. Hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya (jika ada) dari gambar, foto, artikel, catatan waktu, dan informasi lokasi, yang meliput acara tersebut, dan hak penggunaannya untuk siaran TV, surat kabar, majalah, internet, dan media atau publikasi lainnya merupakan milik Penyelenggara Lomba. Penggunaan tersebut juga meliputi nama dan informasi pribadi lainnya seperti usia dan alamat (negara, provinsi dan kota) dari Peserta.
  36. Dari waktu ke waktu, Penyelenggara Lomba dapat mengubah Peraturan & Ketentuan sesuai dengan kebijakan kami sendiri tanpa pemberitahuan sebelumnya, jadi silakan untuk meninjau Peraturan & Ketentuan setiap kali mengakses atau menggunakan situs web resmi Oil Palm Marathon.
  37. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam Peraturan & Ketentuan ini ditentukan kemudian oleh Penyelenggara Lomba.
Hadiah
  1. Pemenang yang merupakan warga negara Indonesia berhak atas hadiah berupa uang untuk Overall Podiums atau Indonesian Podiums (jumlah uang mana yang lebih tinggi). Pemenang tersebut hanya dapat mengambil satu hadiah dari salah satu podium yang dimenangkannya (tanpa double dipping).
  2. Pemenang yang merupakan warga negara asing hanya berhak atas hadiah berupa uang untuk Overall Podiums.
  3. Pemenang yang merupakan warga negara Indonesia yang berusia lebih dari 40+ pada hari lomba, berkesempatan untuk memenangkan Overall Podiums, Indonesian Podiums atau kategori Marathon Indonesian Master (jumlah uang mana yang lebih tinggi). Pemenang tersebut hanya dapat mengambil satu hadiah dari salah satu podium yang dimenangkannya (tanpa double dipping).
  4. Mohon diperhatikan bahwa hadiah berupa uang dapat dikenakan pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  5. Proses pengambilan hadiah dilakukan dalam waktu maximal setelah pengumuman pemenang setelah berakhirnya kegiatan inagurasi podium ditempat.
Protokol Kesehatan
  1. Peserta telah mendapat vaksin anti covid-19 minimal dua kali.
  2. Peserta yang hadir saat acara berlansung harus memastikan dalam keadaan sehat
  3. Peserta harus mematuhi protokol Kesehatan dan CHSE secara ketat.
  4. Peserta wajib mematuhi peraturan protokol kesehatan yang ditetapkan.
  5. Peserta agar memakai masker selama berada di area kegiatan apabila dalam keadaan berkerumun.